Rabu, 22 Oktober 2014

Prana

Prana ini dikenal sebagai energi yang vital, prana ini muncul dengan kesegaran dalam cahaya matahari dan akan berkurang jumlahnya di udara pada mendung yang berkepanjangan. Prana ini mengalir dalam tubuh manusia sebagai lima aliran utama yang disebut dengan lima vayu.

a. Prana dengan sinar biru ungu (udana)

Sinar biru muda ini masuk ke visuddha cakra dan mengaktifkannya, yang biru tu dan ungu terus naik menuju otak. Warna biru tua menyinari otak tengah dan bagian bawah dan ungu bagian atasnya dan memebri kekuatan khusus untuk sahasrara cakra selanjutnya membagi diri menjadi sembilan ratus enam puluh sesuai jumlah daun.

b. Prana dengan sinar kuning (prana)

Sinar kuning ditujukan pada jantung, setelah selesai melakukan tugasnya menuju otan dan meresapi segalanya terutama cakra berdaun dua belas yang terdapat ditengah sahasrara cakra

c. Prana dengan sinar hijau (samana)

Sinar hijau ini menyinari perut. Sinar ini khusus dipusatkan di Manipura cakra, yang jelas memberi energi pada hati, ginjal, usus serta alat pencernaan lainnya.

d. Prana dengan sinar merah mawar (Vyana)

Sinar merah mawar ini mengalir keseruluh badan di sepanjang saraf. Ini merupakan vitalitas yang dapat dipindahkan kepada orang lain. Bila saraf kekurangan prana merah mawar maka ia akan mudah marah, peka dan tidak tenang. Orang yang sehat lebih banyak menyerap prana ini sehingga dengan menggunakan kemauannya ia dapat mengarahkan energinya dengan sengaja kepada orang yang ingin dibantunya.

e. Prana dengan sinar merah orange (apana)

Sinar merah orange ini mengalir ke dasar tulang punggung menuju ke alat kelamin. Bila orang telah menguasai emosi rendahnya maka prana ini akan dipantulkan ke arah otak dengan upaya yang kuat dan lama. Di otak warna ini berubah menjadi warna kuning murni dan bermanfaat untuk peningkatan daya pikir. Setelah proses ini prana ini masuk ke dalam muladhara cakra dan dari sini bergerak melalui tulung punggung menuju ke otak. Selain itu ada juga warna merah ungu tua yang dimana warna ini akan diubah menjadi warna crimson pada orang yang telah menguasai emosi rendahnya. Kemudian warna merah ungu berubah menjadi warna ungu pucat yang indah yang mempercepat bagian kerohanian dari sifat – sifat manusia. Saat ini saat yang tepat untuk membangkitkankundalini agar terhindar dari bahaya dala prosesnya.

Dengan bisa mengerti dan mengendalikan prana seseorang mampu mengontrol kegiatan alam bahkan memindahkan matahari, bintang – bintang dari jalur edarnya hingga hal yang sekecil atom sampai yang sebesar matahari (yogi agung Svami Vivekananda). Energi itu adalah prana. Prana terdapat di seluruh tingkatan alam. Ilmu pernafasan yogi ini disebut dengan pranayama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar