Senin, 13 Oktober 2014

Chakra


Chakra, berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti roda berputar, menggambarkan lokasi pintu / pusat energi spesifik dalam tubuh / pikiran / jiwa. Ini pusat / titik pembangkit energi spiritual dan energi material empat unsur alam semesta, dimana energi halus menanamkan materi kunci berisi fisik, mental dan kesejahteraan spiritual. Pusat-pusat ini terkait dengan pikiran dan tubuh kita. Mereka adalah pintu koneksi kita ke lapisan tubuh yang lebih tinggi.

Chakra adalah pusat energi dalam tubuh yang beroperasi di sepanjang tulang belakang, dimulai dari ujung tulang belakang hingga ke tengah otak. Chakra berfungsi sebagai pusat kontrol untuk aliran energi dalam tubuh dan semua energi yang datang dari luar ke dalam tubuh atau sebaliknya. Chakra ini adalah link tubuh fisik ke bidang energi tubuh yang lebih halus yang mewakili kegiatan emosional, mental dan spiritual. 


Ada tiga saluran utama energi dalam tubuh. Saluran pusat energi, jalur Sushumna, berjalan sepanjang tulang belakang. Dua saluran lainnya, Ida (energi feminin) dan Pingala (energi maskulin) jalin-menjalin sepanjang jalur Sushumna. Chakra berada pada pertemuan saling-silang saluran ida-pingala pada jalur Sushumna. Ekses atau kekurangan dalam setiap chakra akan menunjukkan ketidak-seimbangan pada tubuh. Ketidakseimbangan ini dapat terwujud dalam bentuk sakit fisik dan nyeri atau ketidakseimbangan emosional seperti kecemasan dan emosional. 

Bagi anda pejalan spiritual, peminat olah energi dan penyuka batuan, semua aktifitas anda tidak bisa terlepas dari sistem chakra ini. Ini adalah hukum alam, baik anda percaya maupun tidak, hukum ini akan tetap bekerja. Persis seperti hukum alam terhadap gravitasi, baik anda percaya tentang teori hukum gravitasi, atau tidak, atau bahkan anda tidak pernah mendengar sama sekali tentang apa itu gravitasi, hukum gravitasi akan tetap bekerja. Bukan sugesti. 

Aktifitas chakra ini bisa dikonfirmasi pengaruhnya terhadap kondisi fisik maupun psikologis yang terlihat langsung, yang berasal dari frekuensi pikiran anda. Tapi jika anda waskita, anda bisa melihat langsung warna aura, bentuk tubuh astral, vibrasi energi, maupun melihat langsung kondisi chakra anda. Hukum alam selalu saling berkaitan, jika pemahaman anda benar, maka anda akan menemukan sisi lain dari kebenaran itu yang juga akan selaras dengan pemahaman anda sebelumnya

Semua chakra ini mengikuti kaidah warna pelangi yang kita tahu, memiliki resonansi getaran-getaran serta frekuensi tertentu yang berbeda. Sehingga jika sebuah warna, frekuensi, atau getaran-getaran tertentu dikoneksikan pada chakra tertentu, maka chakra tersebut akan merespon, dengan terstimulasi dan atau menyelaraskan kondisinya dengan impuls yang diberikan. 

Anda perlu tahu bahwa chakra ada beberapa macam, masing-masing jenisnya bisa kita stimulasi sesuai tools yang kita punya menuju arah yang kita inginkan. Kita ambil contoh chakra bawah, chakra dasar. Chakra ini berwarna merah, anda bisa menstimulasi chakra ini dengan warna merah, dengan begitu anda akan merasakan semangat atau kemampuan untuk bereaksi lebih cepat dan optimal. Hal yang sama bisa menggunakan kristal atau batuan berwarna merah yang biasanya memiliki vibrasi keras dan panas, resonansi energinya akan mempengaruhi bagian bawah tubuh, meliputi saluran cerna, genital dan kaki yang kesehatannya akan mempengaruhi kondisi pikiran anda menjadi lebih agresif. Anda juga bisa memainkan atau mendengarkan bunyi-bunyian yang memiliki frekuensi rendah seperti genderang atau melody dangdut yang memiliki frekuensi sekitar 396 Hz, hal ini akan merangsang anda untuk waspada dan bergerak.

Nah, sekarang anda tahu bagaimana cara melakukannya. Tools warna ada banyak dan anda semua sudah tahu tentunya, tinggal sesuaikan aksesoris, cat rumah, warna sprei, warna baju, dll. Saya pernah jelaskan di terapi warna. Sedangkan tools kristal, ini lebih mahal tapi memang powerfull. Kristal telah digunakan sejak zaman kuno. Kristal pun memiliki warna disamping vibrasi energi yang dikandungnya. Saya sudah sebutkan di kristal untuk chakra, semua akan saya sebutkan lagi di bawah. Sedangkan tentang Frekuensi Solfeggio adalah frekuensi yang terkenal dalam penyembuhan maupun stimulasi pada chakra, hal ini bisa membantu anda dalam sesi penyembuhan, meditasi untuk peningkatan kesadaran, maupun untuk meditasi harmoni keseimbangan. Dalam solfeggio frequensinya-frequensinya untuk chakra adalah : 396 hz, 417 hz, 528 hz, 639 hz, 741 hz, 852 hz, dan 936 hz. 

Anda bisa menggabungkan semua metode tadi untuk kesehatan chakra anda, mendengarkan frekuensi solfeggio saat melakukan meditasi sambil menggunakan batu kristal yang cocok dan memberikan warna-warni pada ruangan yang anda gunakan.

Berikut ini adalah spesifikasi chakra-chakra yang ada di dalam tubuh kita :


Chakra Sahasrara (Chakra Mahkota) – Energy Cosmic. 

Sebenarnya chakra ini berada di luar tubuh. Namun sering dihubungkan dengan titik lemah kepala (ubun-ubun). Merupakan Gerbang spiritual pada diri manusia. Penghubung antara Alam Spiritual Mikro (manusia) dengan alam Spiritual Makro (Astral).

Memiliki Frekuensi solfeggio 963 Hz

Warna: ungu, putih bening.

Batu Kristal : Amethyst, Clear Quartz, Selenite.

Keterkaitan psikis : Kesadaran, Kelembutan, Ketenangan, Harmony. 

Tujuan - untuk mengalami kesatuan dengan Illahi.



Chakra Ajna – Mata Ketiga.

Ini adalah chakra tertinggi di dalam tubuh kita, berada di tengah batok kepala. Sering dikaitkan dengan aktifitas kelenjar pineal yang terletak di "mata ketiga" di dahi, diantara kedua alis mata kanan dan kiri. Merupakan pusat kendali atas semua chakra dibawahnya dan sirkulasi energi di dalam tubuh. Pusat pengetahuan, kesadaran dan pemahaman yang lebih mendalam.

Memiliki Frekuensi solfeggio 852 Hz

Warna-warna utama : Ungu, Indigo / biru tua.

Batu Kristal : Sodalite, Lapis Lazuli, Blue Safir.

Keterkaitan Psikis : Wisdom. 

Tujuan - Untuk menyeimbangkan pikiran & perasaan dengan intuisi.



Chakra Visudhi (Tenggorokan) - Terletak di tenggorokan. 

Chakra ini merupakan jalur pertama yang menghubungkan dengan energi / dimensi luar, berhubungan dengan ekspansi diri. Pusat ekspresi dan komunikasi.

Memiliki Frekuensi solfeggio 741 Hz

Warna utama yang digunakan adalah biru muda.

Batu Kristal : Aquamarine dan azurite, pirus, blue topaz, amazonite, blue lace agate. 

Keterkaitan psikis : Inspirasi, Kreativitas.

Tujuan - Untuk mendirikan kedamaian ke dalam diri & terbuka dan berbagi dengan orang lain.



Chakra Anahata (Jantung) - Terletak di tengah tulang dada.

Berfungsi sebagai pusat penyeimbang chakra, memiliki keterkaitan dengan jantung dan sirkulasi darah, pernapasan serta kelenjar Timus. Tempat cinta kasih universal, intuisi, kepekaan batin dan perasaan.

Memiliki Frekuensi solfeggio 639 Hz

Warna-warna utama yang digunakan adalah hijau dan merah muda.

Batu Kristal : Zamrud, peridot, turmalin hijau, batu giok, rose quartz, malachite, aventurine hijau, unakite.

Keterkaitan psikis : cinta universal, keseimbangan, pertumbuhan, penyembuhan. 

Tujuan - Menggunakan Cinta untuk perubahan pribadi & sosial.



Chakra Manipura (Solar Flexus)- Terletak di bawah tulang rusuk. 

Merupakan inti kekuatan daya tubuh manusia yang terbesar, pusat keinginan. Mengkoordinasi seluruh kegiatan dan sistem pencernaan manusia. Selain itu juga berperan penting dalam pengaktifan energi. 

Berfrekuensi solfeggio 528 Hz 

Warna utama untuk chakra ini berwarna kuning.

Batu Kristal : Citrine, Topaz kuning, Kalsit Kuning, amber, tiger eye kuning. 

Keterkaitan psikis : Kekuatan, kepercayaan diri, kegembiraan. 

Tujuan - Kontrol atas urusan tubuh, inisiatif pikiran, dan kehidupan.



Chakra Svadistana (Chakra Sex) – chakra pusar 

Terletak 1 Inchi atau sekitar 2 jari di bawah pusar dan berakar ke dalam tulang belakang. Merupakan pusat hasrat, obsesi, keberanian, ketertarikan dan pengendali hawa nafsu (seksualitas).

Berfrekuensi pada 417 Hz Solfeggio

Warna : Oranye.

Batu Kristal : Carnelian, orange Agate, Orange kalsit, sardonix, batu akik. 

Keterkaitan psikis - Optimisme, Keberanian dan pengabdian. 

Tujuan - Melakukan tugas seseorang tanpa keterikatan pada hasil.



Chakra Muladhara (Chakra Dasar)

Terletak di titik lurus ujung tulang ekor, di atas pertengahan perineum dan dubur. Chakra ini merupakan inti awal pembangkitan chakra lainnya. Mengatur sistem pertahanan dan kestabilan, serta mengatur fungsi bagian bawah tubuh fisik 

Frekuensi Solfeggio di 396 Hz

Warna yang digunakan untuk chakra ini adalah merah, coklat dan hitam.

Batu kristal : Garnet merah, Kuarsa Smokey, Obsidian hitam, dan Tourmaline Hitam, ruby, jasper, hematite.

Keterkaitan psikis : Dorongan naluri, Pertahanan hidup, Kekuatan.

Tujuan - Penguasaan tubuh sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk semangat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar