Selasa, 21 Oktober 2014

Singing Bowl, mangkuk yang bernyanyi dari tibet


Tibetan Singing Bowl, gong rin, mangkuk Himalaya atau gong Suzu adalah adalah mangkuk yang dibuat secara khusus dengan menggunakan campuran logam tertentu yang bisa menghasilkan nada seperti lonceng. Mangkuk ini digunakan sebagai wadah untuk menerima pemberian sedekah sekaligus untuk sarana meditasi dengan membunyikan mangkuknya. Cara membunyikan mangkuk ini bisa dengan dipukul menggunakan tongkat pemukulnya atau memainkan tongkat pemukul tersebut dengan menggeseknya pada tepian dinding mangkuk. Dengan cara demikian, mangkuk ini akan bergetar menghasilkan suara frekuensi dasar ( harmonik pertama ) dan biasanya dua nada harmonik terdengar juga pada nada harmonik kedua dan ketiga. 

Mangkuk bernyanyi atau selanjutnya kita sebut Singing Bowl secara historis dibuat di seluruh Asia, terutama Nepal, China dan Jepang. Mangkuk ini terkait erat dengan lonceng dekoratif sepanjang jalan penyebaran sutra dari Timur Dekat ke Asia Barat. Ukuran Tibetan Singing Bowl bermacam-macam. Semakin tua usianya maka benda ini semakin mahal harganya karena semakin tua maka getaran yang dikeluarkannya biasanya akan semakin kuat. Tibetan Singing Bowl yang paling bagus adalah hasil kerajinan tangan langsung dari Nepal. Namun negara seperti Jepang, India , Cina dan Korea kini juga mulai memproduksinya. Ada yang terbuat dari besi kuningan dan ada juga versi modern yang dibuat dengan menggunakan bahan baku batu kristal.

Dalam beberapa praktek Buddhis, Singing bowl digunakan sebagai sinyal untuk memulai dan dan mengakhiri periode meditasi diam. Di Jepang dan Vietnam , Singing bowl digunakan selama pembacaan doa, juga digunakan sebagai penanda berlalunya waktu atau perubahan aktivitas misalnya berubah dari duduk ke meditasi jalan atau ke pose yang lain. Di Jepang, Singing bowl digunakan dalam upacara pemakaman tradisional dan pemujaan leluhur. 

Singing bowl bisa ditemukan di banyak altar dan di tempat meditasi di seluruh dunia, namun sebenarnya tidak ada teks tradisional yang menuliskan tentang Singing bowl, Namun beberapa karya seni yang berasal dari beberapa abad lalu menggambarkan Singing bowl secara rinci, termasuk lukisan Tibet dan patung. Beberapa rinpoche Tibet dan biksu menggunakan Singing bowl di biara-biara dan pusat meditasi hari ini. Singing bowl setidaknya diketahui oleh masyarakat umum pada abad ke-15. Ketika lonceng perunggu dari Asia telah ditemukan pada awal abad ke-8-10 SM, Singing bowl diperkirakan dikenal dan digunakan di Himalaya pada abad ke-10-12. Karena di jaman dulu sering kali jika ada pengetahuan yang bagus, maka hal tersebut akan disembunyikan dan hanya diajarkan pada kalangan khusus. Singing bowl juga digunakan dalam yoga, terapi musik, penyembuhan suara, ibadah, kerja dan untuk kesenangan pribadi.


Singing bowl dimainkan dengan menggunakan tongkat atau semacam palu pemukul, biasanya terbuat dari kayu yang empuk atau kayu biasa yang dibungkus oleh plastik atau kulit. Dapat dimainkan oleh menggesekkan kayu pemukul tadi di sekitar tepi mangkuk hingga mengeluarkan nada harmonik dan suara yang terus-menerus 'bernyanyi'.

Singing Bowl memiliki beberapa fungsi esoterik maupun eksoterik diantaranya adalah untuk memurnikan energi di dalam ruangan, memurnikan dan menyeimbangkan vibrasi pikiran melalui meditasi hening dan ada pula yang dipergunakan untuk menstabilkan aliran energi 7 chakra. Sebenarnya masih banyak fungsi tersembunyi lain dari Singing Bowl dan sebagian besar masih dirahasiakan oleh aliran-aliran spiritual yang menggunakannya. Tapi setidaknya dda 3 cara singing bowl digunakan untuk memperbaiki sirkulasi energi yang baik:

  1. Anda dapat menggunakan singing bowl untuk membersihkan rumah Anda dari energi yang rendah atau macet serta menjaga agar energi di rumah Anda menjadi segar dan bersih.
  2. Anda juga dapat menggunakan singing bowl sebagai elemen wakil feng shui untuk area yang menguntungkan dari unsur logam mangkuk (Barat, Barat Laut atau Utara).
  3. Singing bowl adalah sarana yang kuat untuk merusak energi negatif rumah Anda melalui nada yang dihasilkan. Gunakan di lokasi elemen Bumi yang buruk, singing bowl sebagai logam yang dapat melemahkan elemen Bumi dalam siklus elemen feng shui. 

Setelah anda tahu cara memainkannya juga menggunakannya, yang perlu anda tahu adalah bahwa nada dari singing bowl akan menyembuhkan tidak hanya energi di rumah Anda, tetapi juga energi pribadi Anda sendiri. Sebelum anda memainkannya, pastikan diri anda dalam keadaan tenang dan rileks, kemudian anda bisa memainkannya dengan santai dan biarkan nada yang dihasilkan akan melakukan pemurnian energi pada lingkungan sekitar dan pada diri anda. 

Jika anda memiliki koleksi benda kesayangan seperti aksesoris perhiasan maupun kristal atau alat bantu yang memainkan energi, anda bisa membersihkan benda-benda tersebut dengan singing bowl, selain membersihkan energi dan vibrasi singing bowl ini bahkan bisa memperkuat energi yang dipancarkan oleh benda-benda tadi. Praktek menggunakan singing bowl untuk penyembuhan dan meditasi sudah dilakukan selama ratusan tahun. Ada peringatan bahwa singing bowl ini jangan sampai terjatuh atau terbentur benda keras lainnya, karena hal itu akan menyebabkan rusaknya nada atau vibrasi yang dikandung oleh singing bowl.

Proses penyembuhan yang terjadi sebenarnya melalui entraining gelombang otak kita untuk melakukan sinkronisasi dengan resonansi nada dari singing bowl. Nada unik ini menciptakan getaran energi yang sempurna untuk meditasi yang mendalam, berpikir kreatif dan menerima pesan intuitif. Dampak dari getaran suara itu akan mempengaruhi sistem saraf kita, yang berhubungan dengan refleks relaksasi dan menghambat stres atau sakit.

Saya ambil dari pendapat Dr Mitchell Gaynor, Direktur Medis Onkologi dan Integrative Medicine, Cancer Prevention Cornell Center di New York bahwa "Jika kita menerima bahwa suara getaran dan kita tahu bahwa getaran menyentuh setiap bagian dari tubuh fisik kita, maka kita memahami bahwa suara yang terdengar tidak hanya melalui telinga kita tetapi melalui setiap sel dalam tubuh kita. Salah satu alasan penyembuhan suara juga berpengaruh pada tingkat fisik karena begitu dalam menyentuh dan mengubah kita pada tahap emosional dan spiritual. Suara dapat memperbaiki ketidak-seimbangan pada setiap tingkat fungsi fisiologis dan dapat memainkan peran positif dalam pengobatan hampir semua gangguan kesehatan. " 

Ahli Healing Sound, Diane Mandle menyatakan bahwa Tibetan Singing Bowl tidak hanya mempengaruhi banyak penyembuhan fisik tetapi juga implikasi yang terjadi pada tingkat emosional dan spiritual. Ini adalah proses regeneratif dengan kebangkitan spiritual yang dapat memiliki konsekuensi besar pada penyakit dan semua aspek kehidupan kita.

Bahkan, fasilitas utama mengajar medis seperti Duke University dan University of North Carolina telah menambahkan program suara yang menghubungkan tubuh, pikiran dan jiwa untuk pengobatan kanker. Pusat pencegahan kanker yang memanfaatkan suara sebagai bagian penting dari proses penyembuhan untuk pasien dengan hasil yang mencengangkan.

Dr Mitchell Gaynor telah menggunakan suara, termasuk Tibet Singing Bowl dan nyanyian dalam pekerjaan dengan pasien kanker selama bertahun-tahun. Direktur medis dari pusat Deepak Chopra di California, Dr David Simon, menemukan bahwa suara dari Tibetan Singing Bowl serta teriakan secara kimiawi dimetabolisme menjadi 'opiat endogen', yang bekerja pada tubuh sebagai obat penghilang rasa sakit internal dan agen penyembuhan.

Bagaimana peran Singing Bowl dalam membantu proses penyembuhan?

Materi adalah energi yang bergetar pada frekuensi yang lebih lambat membentuk suatu subtle yang terbatas dan membentuk suatu sistem frekuensi menyeluruh yang harmonis. Setiap bagian tubuh memiliki frekuensi resonansi yang berbeda. Ketika organ atau bagian lain dari tubuh, bergetar "tidak selaras" atau dis-harmonis, hal ini akan menyulitkan kerja sama antar bagian sel atau bahkan kerja sama antar organ tubuh, hal ini menyebabkan gangguan atau bahkan kegagalan organ. Jadi yang disebut dengan penyakit adalah manifestasi dari dis-harmoni dalam tubuh, ketidak-seimbangan dalam sel-sel organ yang disebabkan oleh ketidak-seimbangan energi. 

Tubuh bisa dalam keadaan sehat ketika setiap sel dan setiap organ beresonansi selaras dengan seluruh frekuensi keberadaan tubuh. Jadi, dengan mengubah tingkat getaran kita dapat pula mengubah struktur materi, baik itu untuk mengembalikan keseimbangan maupun untuk meningkatkan frekuensi atau kemampuan getar menjadi lebih tinggi, dengan begitu kualitas hidup baik secara emosional maupun spiritual akan meningkat pesat.

Singing bowl dapat digunakan untuk penyembuhan maupun untuk peningkatan energi didasarkan pada gagasan seperti diatas bahwa semua penyakit adalah disebabkan oleh hambatan aliran energi dalam tubuh. Ketika aliran energi terhambat, organ atau jaringan yang bersangkutan tidak bergetar pada frekuensi yang sehat dan dengan demikian menghasilkan semacam kelemahan atau kelebihan yang disebut penyakit.Frekuensi suara yang dihasilkan oleh singing bowl mengembalikan dan mengoptimalkan aliran energi di bagian tubuh mana hal ini diperlukan, proses ini saya menyebutnya harmonisasi. Dalam kata-kata dari Master Besar Tibet / Bodhisattva Gwalwa Karmapa, Singing Bowl memancarkan "Sound of the Void", suara alam semesta. 

Singing Bowl mengeluarkan nada berdenyut yang terasa dengan baik dan membantu Anda untuk rileks. Semakin Anda mendengarkan lebih relax, gelombang otak Anda akan mudah terbawa oleh dengungan frekuensi Singing Bowl sehingga gelombang otak Anda dapat "kencang", frekuensi otak menurun dan pada tahap selanjutnya Anda dapat mengalami mood yang menyenangkan dan mental atau emosi yang produktif. Rentang gelombang otak pada frekuensi 7-8 Hertz (siklus per detik) disebut sebagai gelombang theta, area ini sangat penting untuk penyembuhan tubuh, pikiran dan jiwa, peningkatan kecerdasan, kreativitas dan penyembuhan diri serta mekanisme tubuh yang lebih dalam diaktifkan. 


Chakra Balancing dengan Singing Bowl

Chakra adalah portal energi yang diajarkan dalam sistem pengetahuan India kuno. Sebagian besar orang membahas membahas tujuh cakra utama tetapi sebenarnya ada ribuan atau malah jutaan (karena saking banyaknya) portal energi di seluruh tubuh.

Ketidak-seimbangan energi juga bisa diamati dari sistem chakra ini yang berhubungan dengan kelenjar endokrin. Ketika terjadi disfungsi fisik di satu tempat atau lebih dianggap chakra sedang terblokir, disfungsional atau tidak seimbang. Ketidak-seimbangan Chakra tercermin dalam berbagai macam disfungsi mental, emosional dan fisiologis.

Nada yang dihasilkan Singing Bowl akan merestore kembali kondisi chakra pada kondisinya secara alami. Gelombang suara dalam bentuk gelombang sinus mengoreksi frekuensi ke chakra yang tidak seimbang, kemudian membawanya kembali ke fungsi normal. Efek balancing keseluruhan ini membuat chakra seimbang yang kemudian pada gilirannya meningkatkan penyembuhan pada tingkat sel dan sistemik di seluruh tubuh yang diikuti oleh ritme theta. Berulang kali mendengarkan singing bowl dapat membantu tubuh / pikiran untuk membuang racun sekaligus melatih chakra dan tubuh fisik untuk tetap dalam keadaan seimbang.

Meskipun penjelasan Chakra masih jauh dari fakta ilmiah, namun sastra kuno dan para praktisi energi serta praktisi penyembuhan holistik menunjukkan bahwa keseimbangan mereka adalah bagian dari keseluruhan proses penyembuhan di setiap tingkat disfungsi. Menyeimbangkan tubuh dalam banyak cara dan budaya kuno akan melengkapi perawatan kesehatan saat ini, mulai dengan terapi suara spt singing bowl, terapi warna, terapi kristal, terapi energi maupun terapi getaran/vibrasi .

10 komentar:

  1. terimakasih atas tulisan di blog ini...sangat menambah informasi tentang singing bowl yang baru saja saya beli. Salam. Hadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tau dimana anda membelinya ,apa yg di rasakan setelah Anda menggunakannya ?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Tulisannya sangat bermanfaat

      Ijin share yaa om

      Hapus
    4. Tulisannya sangat bermanfaat

      Ijin share yaa om

      Hapus
    5. Tulisannya sangat bermanfaat

      Ijin share yaa im

      Hapus
  2. Cari di instagram "gong windu" ,orang indo aali yg buat singingbowl dan udah terkenal akan manfaatnya..

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat, jadi tambah pengetahuan, terima kasih

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat menambah pengetahuan saya ttg singing ball, yang baru saja saya beli di Tailand

    BalasHapus