Selasa, 21 Oktober 2014

Manfaat Gelombang Otak Theta



Dari 5 macam frekuensi otak (beta, alpha, theta, delta & gamma), rentang gelombang otak theta adalah area di mana tubuh dan pikiran mengalami proses penyembuhan serta kemampuan pikiran diaktifkan dan dioptimalkan.

Gelombang Theta otak bisa dialami selama dalam relaksasi yang mendalam, bermimpi, meditasi dan hipnosis. Gelombang otak Theta bisa menjadi sumber kreativitas, intuisi, peningkatan memori dan peningkatan konsentrasi. gelombang Theta ini penting, bukan hanya karena memfasilitasi mental / kondisi fisiologis yang ideal untuk penyembuhan, juga memungkinkan kita untuk mengakses kekuatan dan kebijaksanaan pikiran bawah sadar kita, yang biasanya tidak dapat diakses pada gelombang beta dan alfa yang lebih waspada.

Manfaat merangsang otak dengan gelombang otak theta:


Penyembuhan Pikiran dan tubuh 

Selama berada pada aktivitas gelombang otak theta, baik peremajaan, pertumbuhan dan penyembuhan tubuh dan pikiran akan terjadi secara otomatis dan bahkan semua proses ini terjadi jauh lebih baik daripada ketika berada di gelombang otak sadar, Karena gelombang otak theta memfasilitasi tingkat relaksasi yang dalam pada tubuh dan pikiran, dengan demikian artinya tubuh dan pikiran mudah untuk memulihkan diri selama dan setelah sakit, serta setelah kelelahan fisik dan mental.

Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh 

Gelombang theta membantu untuk mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh karena fakta bahwa gelombang otak theta dikaitkan dengan vitalitas dan penghapusan stress. Stress dan kecemasan dapat merugikan sistem kekebalan tubuh dengan menyebarkan senyawa kimia yang membuat tegang seperti adrenalin dan termasuk hormon kortisol hingga pada tingkat berlebihan sehingga kadar yang terlalu tinggi itu merusak sistem kekebalan tubuh. Karena itu dikatakan bahwa orang yang stress dan tegang, kekebalan tubuhnya menurun. Di sisi lain, Gelombang otak Theta mengaktifkan pelepasan bahan kimia yang menyenangkan dan neurotransmitter untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh pada puncaknya.

Tingkat relaksasi

Gelombang otak Theta yang paling umum terjadi pada saat tidur, meditasi, self hypnosis dan secara alami dimiliki oleh anak-anak. Melalui entraining otak Anda dengan gelombang theta, Anda dapat mengakses kondisi rileks dan melepaskan semua ketegangan dan memberikan kesempatan tubuh dan pikiran untuk istirahat dan menyeimbangkan diri. Kondisi ini begitu langka untuk bisa diakses oleh orang dewasa selama rutinitas sehari-hari.

Eliminasi Stres dan kecemasan 

Entrainment gelombang Theta menyebabkan relaksasi mental dan fisik yang mendalam, yang pada gilirannya mengurangi stres dan kecemasan tingkat.

Peningkatan Intuisi

Melalui entrainment gelombang otak theta, intuisi Anda akan meningkat serta kemampuan psikis Anda akan muncul, juga anda bisa menyadari pikiran dan perasaan yang anda miliki tanpa terpengaruh oleh keduanya. Dengan kata lain, kemampuan Anda untuk 'melihat' dan 'mendengar' di luar batasan indra fisik dan karena itu persepsi Anda tentang realitas mengembang juga. Melalui pelatihan otak Anda dengan meditasi, self hypnosis atau entrainment otak, Anda membangunkan kecerdasan yang lebih dalam, juga dikenal sebagai kecerdasan spiritual yang berkaitan dengan kemampuan mental.

Koneksi Bawah Sadar

Gelombang otak theta memungkinkan Anda untuk terhubung secara mendalam dengan pikiran bawah sadar Anda. Pikiran bawah sadar Anda adalah kecerdasan kolektif dari semua sel dalam tubuh Anda. Ini mengatur semua fungsi otonom tubuh Anda. Ini adalah gudang emosi, imajinasi, memori, kebiasaan, intuisi dan jalur pribadi Anda, bahkan ini adalah tingkat kesadaran yang lebih halus dan besar. Kekuatan bawah sadar adalah 9 x lebih besar dari kekuatan pikiran sadar.

Memiliki kemampuan untuk memprogram pikiran bawah sadar Anda

Transformasi pribadi adalah hasil dari pergeseran pemaknaan dalam pikiran bawah sadar. Salah satu cara mudah untuk mencapai dan mengubah keyakinan maupun reflek emosional dari pikiran bawah sadar adalah melalui hipnosis atau theta entrainment. 

Melalui theta entrainment Anda dapat mengakses pikiran bawah sadar untuk tujuan memfasilitasi penyembuhan dan perubahan langsung pada akar pemaknaan pikiran. Oleh karena itu theta entrainment adalah sumber daya yang besar untuk Hypnotherapists serta mereka yang menggunakan hipnosis diri.

Penggunaan afirmasi, citra mental dan sugesti hipnosis akan terjadi jauh lebih efektif ketika otak Anda dalam irama theta. Dalam keadaan ini Anda melewati pikiran sadar Anda yang sering bertindak sebagai "filter" dan mencegah Anda dari mengubah pemikiran dan pola perilaku yang tidak Anda inginkan secara naluri. Namun dengan menjadi relaks pikiran bawah sadar Anda menerima tools penyembuhan atau gambaran mental yang Anda berikan, tanpa pertanyaan dan mulai bertindak segera. Pada tahap ini akan lebih mudah untuk menghapus setiap pemikiran dan pola perilaku yang mungkin ingin Anda ubah dan untuk menginstal program pikiran yang baru, pemikiran dan sikap yang diinginkan sebagai bagian dari pengembangan dan pertumbuhan pribadi Anda.

Tingkat kreativitas yang tinggi

Dominasi gelombang otak Theta sering ditemukan pada individu yang sangat kreatif. Banyak musisi berbakat, penemu, dan seniman yang ditemukan memiliki akses gelombang otak theta sangat tinggi dari jumlah rata-rata. Melalui entraining gelombang theta maka kreativitas Anda akan meningkat.

Keterampilan pemecahan masalah

Gelombang otak theta membantu Anda untuk mengatasi "mental blok" dan memungkinkan Anda untuk mengalir dalam pengembangan diri, sehingga ketidakmampuan untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan ketidakmampuan Anda untuk mengubah kondisi mental Anda akan dipecahkan. Gelombang theta mendorong perubahan kondisi mental Anda dan dengan demikian memberikan tingkat baru pemikiran dan persepsi yang memungkinkan Anda untuk mendekati masalah dengan jiwa yang lebih besar. Gelombang Theta juga dikaitkan dengan kemampuan untuk "hyperfocus" yang berarti sangat terfokus dan termotivasi dengan satu hal.

Peningkatan kemampuan belajar

Telah dikatakan bahwa ketika otak Anda memasuki frekuensi theta, Anda akan dapat menyimpan informasi 300% lebih besar dari yang Anda biasa lakukan setiap hari pada kesadaran normal (gelombang otak beta). Gelombang otak theta memungkinkan orang untuk belajar sejumlah besar informasi dalam waktu yang jauh lebih cepat daripada negara gelombang otak beta.

Penelitian telah dilakukan pada pembelajaran bahasa dan pengembangan, disimpulkan bahwa alasan mengapa anak-anak dapat mengambil bahasa baru begitu cepat adalah karena dominasi gelombang otak theta yang besar pada masa kanak-kanak. Orang Dewasa tak mampu melakukan hal itu, karena itu jika orang dewasa ingin belajar bahasa asing mungkin sangat bermanfaat dengan membawa gelombang otak mereka pada kisaran theta.

Meningkatkan daya ingat jangka panjang

Saat gelombang otak theta meningkat, kemampuan otak untuk mengingat dan menyimpan memory jangka panjang akan meningkat pula. Hippocampus bagian dari otak yang terlibat dalam penyimpanan dan pengolahan memory memiliki ritme gelombang theta. Dengan meningkatnya tingkat stres, gelombang otak beta 'mengganggu' kinerja hippocampus. Inilah sebabnya mengapa orang stres sering memiliki gangguan memory jangka panjang alias pikun. Salah satu alasan mengapa Hypnotherapy efektif karena klien diinduksi melalui gelombang otak theta, sehingga mampu mengakses "kenangan yang terlupakan" sebagai bagian dari proses penyembuhan tertentu.

Hubungan emosional

Gelombang otak theta berhubungan dengan kemampuan untuk merasakan emosi. Pemahaman terhadap fenomena emosi bisa dialami ketika gelombang otak theta diakses. Dengan cara ini Anda dapat belajar untuk merasakan dan memahami emosi Anda lebih baik, sehingga anda tidak akan terombang-ambing lagi terhadap pengaruh emosi

Menjembatani hubungan spiritual

Banyak yang menganggap bahwa kedamaian dan bahagia berhubungan dengan gelombang otak theta yang menjadi jembatan antara tubuh fisik dan alam spiritual. Dalam irama gelombang otak theta, orang merasakan hubungan spiritual yang mendalam. Menurut beberapa ahli, rentang gelombang otak theta memberikan peningkatan kesadaran spiritual dan wawasan yang mendalam. Banyak pengalaman spiritual dan fenomena yang umum dialami di area gelombang otak theta.

Pengalaman Paranormal

Bagi mereka yang terbuka untuk itu, gelombang otak theta juga terkait dengan pengalaman psikis, seperti Pengalaman keluar dari Tubuh, penglihatan tanpa batas, ESP dan fenomena lainnya. Meskipun sebagian besar pengalaman paranormal dan psikis dapat dikatakan menjadi nyata atau palsu, ada bukti bahwa kebanyakan orang cenderung memiliki pengalaman itu ketika pikiran mereka memiliki didominasi gelombang theta. Beberapa paranormal yang ternyata mampu mengakses gelombang otak theta dapat berhubungan dengan makhluk non-fisik dan kesadaran alam yang lebih halus.


Secara teknis, gelombang otak theta adalah pola aktivitas listrik otak berkisar antara 4 sampai 8 Hz. Berikut adalah kualitas khas dari seluruh rentang theta:

4,5 Hz - Membawa pada kemampuan supranatural. 

4,9 Hz – Menginduksi relaksasi dan tidur lebih dalam 

4,9 Hz – Introspeksi, Relaksasi, meditasi 

5 Hz – Mengurangi tidur yang dibutuhkan. Theta menggantikan kebutuhan untuk bermimpi

5.35 Hz – Memungkinkan bernapas santai, bebas dan efisien 

5,5 Hz – bimbingan batin, intuisi 

6,5 Hz – Pusat frekuensi Theta. Mengaktifkan lobus frontal kreatif 

7,5 Hz – Mengaktifkan pemikiran kreatif untuk seni, penemuan, musik. Pemecahan masalah 

7,5 Hz – Kemudahan mengatasi masalah

7.83 Hz – Resonansi bumi. Grounding, meditasi, revitalisasi 

3-8 Hz – relaksasi santai, bermimpi dengan jelas

3-8 Hz – Peningkatan memori, fokus, kreativitas 

4-7 Hz – kedamaian batin yang mendalam, penyembuhan emosional. Menurunkan kelelahan mental 

4-7 Hz – Meditasi mendalam, gelombang otak yang dekat dengan tidur.

Menariknya, planet bumi beresonansi pada frekuensi Theta 7,83 Hz, frekuensi ini yang dikenal sebagai Schumann Resonance.

Sedikit peringatan bagi Anda yang menggunakan alat pacu jantung atau jika Anda rentan terhadap kejang dan epilepsi, maka entrainment gelombang theta hanya boleh digunakan dengan izin dari Dokter yang merawat Anda. Karena tingkat pikiran yang mendalam akan membuat organ tubuh bekerja sangat pelan, walaupun ini sangat bermanfaat namun akan mempengaruhi alat pacu jantung, begitu juga ketika akses memory memunculkan ingatan sedih yang tidak anda sukai maka hal ini akan membuat anda berbalik tegang dan kejang.

1 komentar: