Kamis, 25 September 2014

Berlian dan apa yang perlu anda ketahui



Diamonds adalah batu permata mahal sejak zaman dulu. Banyak faktor yang membuatnya menjadi seperti itu, misalnya tambang yang jelas tak semudah seperti tambang yang berisi batuan lain, konsolidasi industri dan teknologi yang jauh lebih banyak mengeluarkan biaya, peningkatan faceting dan pemasaran.

Ada banyak sifat alami dari berlian yang membuatnya istimewa untuk kita.

Kekerasan (Ketahanan)

Alasan bahwa berlian permata yang khusus di dunia adalah berlian merupakan batuan yang paling tahan lama. Mereka adalah substansi alam yang paling sulit di dunia (kekerasan 10 pada skala Moh's). Ini berarti bahwa hampir tidak ada yang dapat menggaruk berlian (kecuali berlian lain). Ini berarti bagaimanapun tak ada yang bisa mengalahkan. Diamonds memiliki serat-serat retakan seperti kebanyakan mineral, sehingga jika jatuh atau terpukul dengan sudut tertentu, mereka akan retak atau pecah. Oleh karena itu, penting untuk mengatur segi dan sudut berlian dengan cara yang melindungi wilayah rawan tersebut.

Kilauan (cahaya)

Karakteristik lain yang membuat berlian inheren berharga adalah kilauannya: mencerminkan cahaya paling baik. Sebuah aspek berlian yang dipoles hampir seperti cermin refleksinya. Anda dapat mengambil sepotong kaca segi (misalnya kristal Swarovski) atau sepotong segi kuarsa berwarna terang dan meneliti aspek dalam cahaya putih (aspek dipoles adalah pesawat kecil yang berada di permukaan batu permata dipotong). Anda akan melihat bahwa aspek dari berlian hampir putih, sedangkan aspek gelas atau kuarsa agak transparan.

Dispersi Cahaya (Pelangi)

Dan akhirnya, berlian sebagai mineral khusus karena membuat pelangi. Ini disebut dispersi, dan ini keunikan tinggi berlian. (Batu permata lainnya dengan dispersi tinggi adalah Zirkon, dan CZ). Ketika Anda memutar berlian di dalam terang, Anda akan menangkap sekilas kilatan cahaya berwarna.

Ada banyak sumber daya dan sangat tersedia informasi tentang bagaimana mengevaluasi kualitas berlian. Ada lembaga grading berlian yang mengeluarkan sertifikat untuk berlian, merinci apa yang Anda dapatkan. Karakteristik berlian digunakan untuk mendefinisikan kualitas. 


Cara untuk mengetahui berlian asli

Cara paling mudah tanpa mengeluarkan biaya untuk mengenali berlian anda adalah sebagai berikut :

1. bernapas Di Depan berlian

berlian dikatakan asli jika kabut yang dihasilkan menghilang dengan cepat. berlian di katakan imitasi jika tetap berkabut selama beberapa detik.



2. Cermati setiap sisi berlian

Tampilan Berlian asli Berkilau dari berbagai sisi. Berlian imitasi berkilau pada bagian atasnya saja, Sedangkan sisi lainnya tidak berkilau.

3. Posisikan berlian di atas sebuah kertas bertulis

Berlian di katakan asli jika Anda tidak bisa melihat tulisan yang berbayang pada batu berlian. Cahaya tidak bisa membuat bayangan pada batu berlian, Di karenakan batu berlian memiliki sisi bagian dalam yang kompleks.

4. Pergunakan kaca pembesar untuk melihat berlian

Berlian asli tidak mudah tergores. Jika ada goresan di pastikan berlian imitasi.
Alat Diamond tester bisa digunakan tetapi hasilnya tidak sepenuhnya benar 100%. Testing dengan methode menggesek di alas berwarna belum tentu pula bisa menjamin. Warna-warna yg muncul adalah warna spektrum yg merupakan ciri khas dari gelas atau sintetis. Test berlian biasanya dgn metode kekerasan tapi tanpa merusak misalnya indeks refraksi (refractometer), fluoresen, berat jenis, kilap, inklusi mineral dan lain-lainnya. Metode ini juga dapat di katakan sangat ampuh dalam membedakan batu permata asli dan sintetis atau imitasi seperti jenis batu giok, opal atau kalimaya yang orang biasanya mengatakan kelas dua dari batu tersebut. Harga mahal TIDAK menjamin bahwa batu permata tersebut asli.

5. Bandingkan berat berlian yang Anda inginkan dengan berat berlian lainnya Jika batu berlian terasa lebih berat, bisa jadi produk imitasi.


Fakta Menarik Batu Intan (Berlian).

Ada kalimat bahasa Inggris yang popular mengatakan “Diamonds are girl’s best friend” artinya ialah “Sahabat terbaik wanita adalah berlian”. Pada kenyataannya wanita bukanlah satu- satunya yang mencintai permata yang satu ini bahkan lelaki pun demikian. Di Indonesia, batu berlian atau intan ini sering dijadikan tanda kasih sayang atau cinta pada pasangannya khususnya dari kaum lelaki kepada buah hatinya. Berikut adalah fakta-fakta menarik yang tidak diketahui oleh banyak orang mengenai batu kelahiran bulan April ini:

1. Batu berlian mungkin adalah batu yang paling digemari atau disukai diantara batu mulia lainnya di dunia ini. Diperkirakan sekitar 5 juta orang yang mendapat fasilitas perawatan kesehatan secara global berkat pendapatan dari berlian.

2. Penghasilan dari batu berlian memungkinkan setiap anak di negara Botswana mendapat pendidikan gratis sampai umur 13 tahun.

3. Diperkirakan lebih dari 1 juta orang yang bekerja untuk industri batu intan di negara India.

4. Batu berlian lebih keras 58 kali lipat dibandingkan dengan mineral terkeras berikutnya yaitu corundum.

5. Taukah anda bahwa setelah sampai pada abad ke 15 barulah manusia menemukan cara untuk memotong batu intan, yaitu dengan menggunakan batu intan lainnya.

6. Walaupun berlian dikenal sangat keras, namun batu ini juga bersifat rapuh dan dapat anda patahkan berkeping-keping dengan memukulnya menggunakan palu.

7. Berlian terbuat dari karbon, dan biasanya tidak berwarna dan itu adalah karbon yang sama yang ditemukan pada arang dan pensil.

8. Tidak semua batu intan atau berlian berwarna putih. Zat berbeda yang ditemukan dalam berlian dapat membuat warna berlian menjadi beraneka ragam seperti warna biru, oranye, merah, kuning, hijau dan bahkan hitam.

9.Jika anda memasukkan batu intan ke dalam oven dan menaikkan suhu temperature-nya ke sekitar 763 derajat Celsius, maka batu berlian tersebut akan hilang tanpa meninggalkan apapun. Cobalah :-p

10. Sekitar 65% jumlah total batu berlian di dunia berasal dari Afrika Selatan, tempat yang sama ditemukan batu berlian terbesar, Cullinan. Berat batu tersebut adalah 3,106.75 carats uncut (tidak terpotong). Excelsior (batu intan kedua terbesar) juga ditemukan di negara tersebut.

11. Diperkirakan 10 juta orang di dunia secara tidak langsung atau langsung didukung oleh industri berlian dan pendapatannya merupakan instrumen dalam memerangi pandemi HIV / AIDS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar