Kamis, 25 September 2014

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perhiasan Emas Anda


Sebenarnya foto di atas itu bukan foto punya saya, suwer :-p itu foto perhiasan emas dari toko emas. 
Nah ... lalu kenapa saya upload foto tentang perhiasan emas? gini lho, kadang kala ketika kita membeli perhiasan yang terbuat dari emas, kita hanya peduli dengan bentuk, kemilaunya, kecocokan ketika dipakai dan satu lagi .... Harga :v 
Apapun yang anda pilih dan beli, anda tetap harus mengenal perhiasan emas yang anda punya, yaitu :
  • Perhiasan Emas yang dibuat dengan teknik dan cara yang benar dalam proses pencampuran kadar akan membuat perhiasan emas TIDAK MUDAH menjadi kusam, 
  • Kadar EMAS yang tinggi menyebabkan emas agak lembut.sehingga membuat perhiasan emas SANGAT mudah penyok dan tergores. 
  • Kadar emas rendah mengakibatkan emas mudah ter-oksidasi dan bereaksi dengan zat lain se-misal : garam ( contoh : pada air laut ) ,belerang ( contoh : pada tempat pemandian air panas yang mengandung belerang ), chlorine ( contoh : pada air kolam renang ), sehingga mudah kusam atau hitam. 
  • Bahan campurannya naik ke permukaan. Ingat, hukum alam menyatakan yang ringan pasti akan naik ke atas. Hal ini juga terjadi pada benda padat tetapi agak lama, contoh : cincin emas yang pernah dipotong untuk dikecilkan ukurannya akan tampak jelas garis potongan. Inilah patri yang muncul kepermukaan.. 

Satuan karat pada EMAS 
Untuk saat ini di mana harga emas berfluktuasi dan cenderung meningkat pada umumnya penjual dan pengrajin beralih ke kadar karat yang lebih rendah antara 10 K sampai dengan 18 K, hal ini dilakukan untuk menyiasati daya beli konsumen agar bisa membeli perhiasan emas dengan harga relatif terjangkau, sebagai contoh emas dengan kadar kurang dari 10 Karat di sebut emas muda, model dan desainnya juga tidak kalah dengan perhiasan dengan kadar yang lebih tinggi, pada posisi ini lagi booming banget penjualannya. 
Emas 24K berarti 24K/24K x 100 = 100%, ( EMAS MURNI )
Emas 23K berarti 23K/24K x 100 = 95,8%
Emas 22K berarti 22K/24K x 100 = 91,6%
Emas 18K berarti 18K/24K x 100 = 75% 
Apa maksud 18 K, 75% ??
artinya 75% emas murni dan sisanya 25% campuran metal ( baca artikel sebelumnya ) seperti tembaga, perak, kuningan, nikel dll dalam kadar 18 Karat.

Perhiasan emas lama kelamaan akan mengalami perubahan menjadi kusam, hitam, bewarna merah, penyebabnya adalah sebagai berikut: 
  • Olahan campuran yang kurang sempurna ketika pembuatan. perhiasan yang dikerjakan tangan alias hand made, SANGAT susah untuk dirawat karena pasti akan cepat hitam lagi. 
  • JARANG pula kita memakai atau bahkan tidak sama sekali perhiasan emas tetapi bisa hitam dan kusam di karenakan terlalu lama tersimpan dalam lemari ( yang mengandung Pernis ) dan bahan dari finishing kayu yang kurang sempurna. 
  • Garam ( contoh : pada air laut ) , belerang ( contoh : pada tempat pemandian air panas yang mengandung belerang ), chlorine ( contoh : pada air kolam renang ), menyebabkan perhiasan emas mudah kusam atau hitam . 
  • Perhiasan emas tersimpan terlalu lama dalam tas kulit Pembuatan tas kulit ( asli ) pasti menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan belerang atau amoniak. 
  • Emas berubah warna menjadi terlalu MERAH, di sebabkan bahan campuran tembaga muncul keluar permukaan. Ingat, hukum alam bahwa yang ringan selalu naik ke atas. Hal ini terjadi karena dalam proses pembuatannya campuran kadar emas dengan bahan yang lain komposisinya tidak tepat.

Perawatan perhiasan yang terbuat dari bahan emas 
Bahan yang perlu di persiapkan, antara lain :
  1. sabun pada umumnya sabun bayi
  2. kain
  3. sikat lembut
  4. air hangat secukupnya.

Langkah-langkah :
  1. Aduk sabun sehingga tercampur rata dengan air hangat.
  2. Rendam perhiasan emas ke dalam air sabun kurang lebih 10 menit.
  3. Bersihkan secara detail kotoran yang menempel dengan menggunakan sikat, pilihlah jenis sikat yang lembut.
  4. Buang air hangat bilasan pertama.
  5. Isi wadah dengan air hangat untuk bilasan ke dua.
  6. Celupkan perhiasan emas beberapa kali sampai Bersih sisa sabun dan kotoran yang menempel.
  7. Keringkan, gunakan kain berbahan lembut serta angin-anginkan perhiasan emas anda tersebut.
  8. Setelah kering, pasti perhiasan anda kembali bersinar ,,, cling ,,, cling ,, cling
Selamat mencoba ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar